[WOW FACT – BAWANG BISA MENYEBABKAN MATA BERAIR]

Published by rkim on

(Oleh :  Tim Riset Saintek Departemen Research and Development RKIM UB 2020)

Bawang adalah bagian dari genus Allium, yang termasuk bawang perai, bawang merah dan bawang putih. Sayuran ini mengembangkan rasa dan bau khas mereka dari belerang yang diekstraksi dari tanah saat mereka tumbuh.

Bawang memiliki mekanisme pertahanan diri untuk mencegah hewan memakannya saat mereka tumbuh. Ketika seekor binatang menggigit bawang, atau Anda memotongnya, dinding selnya pecah dan akan menyatukan enzim-enzim yang sebelumnya dipisahkan dan senyawa-senyawa yang mengandung belerang untuk menghasilkan zat kimia iritan syn-propanethial-S-oksida.

Bahan kimia ini mudah menguap, artinya mudah menguap dan bisa bersentuhan dengan mata yang menyebabkan sensasi terbakar. Untuk melindungi mata dari kerusakan, otak memicu respons air mata untuk mencoba membilas iritasi.

Sumber

Institute of Food Science. (2020, February 21). Why do Onion Make You Cry? Retrieved from instagram: https://www.instagram.com/p/B81UbQ9BfCr/

Kelas Pintar. (2019, Oktober 28). Komponen Air Mata Manusia dan Kenapa Bawang Bisa Bikin Nangis? Retrieved from Kelas Pintar: https://www.kelaspintar.id/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *