WOW FACT – Rahasia Pada Teh Putih

Published by rkim on

(Oleh :  Tim Riset Saintek Departemen Research and Development RKIM UB 2020)

Teh merupakan salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Teh dibuat dari pucuk daun muda tanaman teh (Camelia Sinensis L. Kuntze). Teh diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Dalam studi epidemiologi menyebutkan bahwa tingginya konsusmsi terhadap teh memiliki hubungan negatif dengan terjadinya penyakit jantung koroner dan kanker. Teh juga memiliki kandungan flavonoid yang biasa disebut dengan katekin. Katekin ini memiliki sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Jenis the yang ada di dunia ini sangat banyak yaitu teh  hijau, teh hitam teh olong, teh putih dsb (Hartoyo, 2003).

Salah satu jenis teh yang ada di dunia yakni teh  putih. Teh putih atau biasa disebut dengan Tea of Royals. Merupakan teh yang lembut dan memiliki pemrosesan yang oaling sedikit. Teh putih memiliki rasa yang ringan (mild) dan mempunyai kadar manis yang natural. White tea mempunyai kadar kafein paling rendah diantara jenis teh lainnya. White tea mempunyai karakter yang dapat mendinginkan sekaligus menyegarkan dan disertai dengan elemen yang menguatkan hati dan juga sebagai antioksidan. Antioksidan yang terdapat dalam white tea kandungannya lebih banyak dibandingkan dengan teh lainnya sehingga menyebabkan white tea lebih populer serta lebih mahal dibandingkan dengan teh lainnya (Rossi, 2010).

Proses pembuatan white tea yaitu dimulai dengan pemanenan daun dan pucuk daun Cammellia sinensis kemudian dilanjutkan dengan pembersihaan daun dan pucuk dun tersebut. Tahap selanjutnya adalah daun dan pucuk daun dikeringkan dengan proses penguapan sehingga menyebabkan pucuk daun the tersebut berwarna putih (Rossi, 2010) .

Teh putih disebut-sebut sebagai “Ratu Pengawetan Kolagen kulit” karena beberapa alasan sebagai berikut (Winarno, dkk 2015)

  1. Teh putih memiliki antioksidan yang paling tinggi, selain itu teh putih memiliki senyawa gizi yang dapat membuat kulit terus tampak muda.
  2. Para peneliti yang berasal dari Inggris menyebutkan bahwa teh putih dapat menghasilkan kulit segar, muda dan kenyal. Teh putih juga dapat mendukung kecantikan kulit sebanyak 3-6 kali lebih baik dibandingkan the hijau
  3. Teh putih mengandung vitamin A yang merupakan vitamin yang dapat menjaga kulit tetap halus dan mulus. Vitamin A dikenal sebagai retinol, yaitu banyak digunakan di dalam dunia kecantikan sebagai anti keriput.
  4. Teh putih mengandung Glycosaminoglucan, yaitu senyawa yang dapat memproduksi kolagen. Senyawa ini dapat masuk ke dalam kulit dan memperbaiki penampilan kulit yang menua dengan bantuan liposom.

Daftar Pustaka

Hartoyo, Arif. 2003. Teh dan Khasiatnya bagi Kesehatan. Yogyakarta : Kanisisus

Rossi, Ara. 2010. 1001 Teh – Dari Asal Usul, Tradisi, Khasiat hingga Racikan Teh. Yogyakarta : ANDI, Best Book

Winarno, Wida Winarno, Drianda Ahnan Winarno. 2015. Telemor. Membalik Proses Penuaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *