Sejarah RKIM

Diawali dengan status menjadi Departemen Ristek di kepengurusan Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya periode 2009 hingga pertengahan tahun kepengurusan.Di pertengahan tahun selanjutnya statusnya naik menjadi LSO, jadi namanya menjadi LSO Ristek EM. LSO merupakan kepanjangan dari Lembaga Semi Otonom yang notabene telah memiliki otonom tersendiri ketimbang Departemen. Keberadaan LSO Ristek saat itu bergantung pada kepengurusan EM, jadi pengaruh EM sangat besar terhadap LSO Ristek saat itu. Struktur di LSO Ristek terbagi menjadi 4 divisi, yaitu Riset, Teknologi, PR dan HRD dengan masing-masing divisi dipimpin oleh Kadiv. LSO Ristek EM memiliki misi utama yaitu meningkatkan keikutsertaan mahasiswa Brawijaya di kancah Nasional dengan mengajukan kegiatan “WORKSHOP DAN PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS (SCHOOL OF RESEARCH).

RISTEK EM yang diketuai oleh Sugeng Riadi (FT 2007) dengan nama kebinet “Pahlawan Brawijaya”
Struktur LSO Ristek EM periode 2010 memiliki penambahan divisi, yaitu Divisi Teknologi. Sedangkan struktur kepengurusan LSO Ristek periode 2011 melakukan penambahan struktur BPH di masing-masing divisi. Keinginan mendirikan UKM keilmiahan pun telah terpikirkan saat kepengurusan periode 2011. Banyak cara dilakukan pengurus untuk mendirikan UKM, tepatnya mulai Oktober 2011, dengan meminta bantuan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UB sebagai perantara. Akhirnya terpilihlah nama Unit Aktivitas Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa UB sebagai nama yang telah disepakati oleh seluruh pengurus LSO Ristek sebagai nama UKM baru di bidang keilmiahan.
Kepengurusan EM periode 2011 pun telah berakhir, dan status LSO Ristek akhirnya berubah menjadi UKM yaitu Unitas RKIM. Struktur Unitas RKIM menghilangkan Divisi Teknologi, namun ada penambahan 2 divisi, yaitu Divisi BNC dan Divisi Karya Ilmiah. Perbedaan juga terjadi di nama jabatan dalam ketua divisi, namanya berganti menjadi Manajer yang sebelumnya adalah Kadiv. Sehingga di tahun 2012, dapat dikatakan Unitas RKIM adalah UKM pertama di UB dalam bidang karya tulis dan keilmiahan.
RKIM hingga saat ini telah mengalami 6 kali pergantian kepengurusan:

RKIM 2012 yang diketuai oleh Puguh Toko Arisanto (FISIP 2008)

 

RKIM 2013 yang diketuai oleh Izzur Rozabi (FEB 2010)

 

RKIM 2014 yang diketuai oleh Langgeng Setyono (FIA 2011) dengan nama kebinet “Ilmuan Muda”

 

RKIM 2015 yang diketuai Hasto Khoirru Rachman (FIB 2012) dengan nama kabinet “Berkarya”

 

RKIM 2016 yang diketuai oleh Ashfa Afkarina (FTP 2013) dengan nama kebinet “Harmoni”

 

RKIM 2017 yang diketuai oleh Annisa Rizky Rafrensca (FKH 2014) dengan nama kebinet “SINTESIS”