[WOW FACT – Blue Light]

Published by rkim on

Blue Light

(Oleh : Tim Riset Saintek Departemen Research and Development RKIM UB 2020)

Blue light merupakan warna yang dapat dilihat oleh manusia dengan panjang gelombang pendek sehingga memliki energi yang lebih tinggi. Blue light berada di mana saja di dunia. Sumbernya berasal dari matahari. Namun seiring berjalannya perkembangan peradaban manusia, blue light dapat ditemukan berasal dari gadget yang kita gunakan sehari-hari seperti laptop, peralatan elektronik, LED dan fluorescent lighting.

Langit berawarna biru, siklus bangun dan tidur atau circadian rhythm, dan peningkatan suasana hati merupakan dampak adanya sinar biru. Gadget dan peralatan elektronik adalah sumber sinar biru buatan (artificial blue light). Dampak dari artificial blue light dapat menyebabkan eye strain; kerusakan pada retina; sakit pada leher dan bahu; sakit kepala; mata buram; dan mata kering.

Selain itu, Blue light juga dapat memicu kebutaan. Berdasarkan penelitian, membiarkan mata terpapar sinar biru secara terus menerus dapat memicu kerusakan pada fotoseptor mata. Fotoseptor adalah sel yang membantu atau peka terhadap cahaya, warna, dll. Kerusakan pada fotoseptor akan memicu macular degenerator, dimana keadaan tersebut akan memicu hilangnya kemampuan melihat.

Dampak buruk yang diakibatkan oleh blue light dapat diatasi dengan menngunakan lampu meja. Menurut Harvard Health Letter, mengurangi paparan sinar biru dengan menggunakan lampu meja yang redup. lalu, kita bisa menngunakan kacamata anti blue light yang menangkal radiasi sinar biru yang berlebih. Dan kita juga dapat mengatur warna serta pencahayaan pada layar gadget

Sumber
Bluetech. (n.d.). What is Blue Light? Retrieved from Bluetech:
https://blutechlenses.com/blog/what-is-blue-light/
Iristech. (n.d.). how blue light from gadgets increases sharp pain in eye. Retrieved from Iristech:
https://iristech.co/how-blue-light-from-gadgets-increases-sharp-pain-in-eye/
Putri, D. (2020, Januari 29). Selamatkan Kesehatan Mata dari Bahaya Sinar Biru Layar Ponsel dengan Cara Sederhana Ini.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *