WOW FACT – LITERAL: APLIKASI RUANG BACA BERBASIS PERPUSTAKAAN DIGITAL

Published by rkim on

Literasi berarti melek huruf, kecakapan membaca dan menulis. Berdasarkan konteks penggunaanya, literasi dikaitkan dengan integrasi keterampilan menyimak, berbicara, menulis, membaca, dan berpikir kritis.

UNESCO menemukan bahwa kebiasaan membaca masyarakat Indonesia tergolong rendah, yang mana hanya satu dari 1000 orang masyarakat Indonesia yang membaca. Data PIRLS 2011 yang mengukur aspek memahami, menggunakan, dan merefleksikan hasil membaca dalam bentuk tulisan, juga menunjukkan bahwa Indonesia menduduki urutan ke-45 dari 48 negara peserta. Selain itu, berdasarkan peringkat PISA 2012, Indonesia berada pada posisi ke-64 dari 65 negara.

Terdapat 4 fitur utama yang akan dikembangkan dalam aplikasi LITERAL, meliputi fitur perpustakaan online dan offline bernama “MAOS”, fitur workshop dan seminar bernama “RUANG BERKEMBANG”, fitur informasi seminar dan workshop dalam maupun luar negeri bernama “INGROWTH”, dan fitur berupa platform menulis bagi siapapun yang ingin mendukung melek literasi masyarakat Indonesia bernama “FEATURED”. Fitur-fitur yang ditawarkan ini dinilai yang paling mendorong peningkatan literasi bagi masyarakat Indonesia melalui akses informasi yang luas, juga program pengembangan hard skill maupun soft skill dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *